Hal-hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengoptimasi Website di Search Engine



Ketika kita sudah selesai membuat website, kita akan memikirkan bagaimana caranya agar website yang sudah kita buat ini, memiliki banyak pengunjung. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat kemunculan suatu website di mesin pencari. Mesin-mesin pencari tersebut sering kita gunakan, contohnya seperti google, bing, yahoo, dan lain-lain. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara kita agar website yang sudah kita buat dapat muncul di halaman awal mesin pencari setiap hal yang berkaitan dengan website kita dicari oleh orang lain.

1.  Penggunaan Kata-kata Dalam Website

Mesin pencari akan mengecek setiap kata yang dimiliki oleh suatu website, sehingga ketika ada pengguna yang mencari sesuatu dengan mesin pencari, mesin pencari akan menyortir website sesuai kata yang dicari oleh pengguna. Maka dari itu perlu pemakaian kata-kata yang baik dalam website, dan kata-kata tersebut harus mewakili website yang kita buat, sehingga ketika dicari dengan mesin pencari, website kita bisa terlihat. 

2. Memanfaatkan Penggunaan Judul Website

Setiap website memiliki judul. Judul tersebut terdapat pada kode program di bagian page title. Setiap mesin pencari akan mengecek judul dari suatu website, karena judul tersebut biasanya mendefinisikan isi dari website tersebut seperti judul dari buku. 

3. Link Antar Website

Ketika suatu website memiliki link ke website lain, biasanya itu adalah suatu rekomendasi bagi para pencari, menandakan bahwa website tersebut memiliki informasi yang baik. Jadi ketika link website  kita terdapat di banyak halaman web, hal itu akan menjadi nilai tambah pada website kita ketika dicari oleh mesin pencari. Namun ada beberapa kasus seperti jumlah link ke website yang jumlahnya sangat tinggi dengan cara membuat banyak website yang dibuat hanya untuk memberikan link kepada website utama kita. Baiknya mesin pencari sekarang dapat mendeteksi ketika suatu website memiliki link dari website-website lain dengan jumlah yang tidak wajar. 

4. Penggunaan Kata-kata Pada Link

Setiap website dalam kontennya biasanya memiliki kata-kata yang merupakan suatu link ke website lain. Ketika kata yang dipakai untuk link ini ternyata juga banyak dituliskan di beberapa website, maka mesin pencari bisa menyimpulkan bahwa kata tersebut memiliki hubungan dengan website yang di link, maka mesin pencari akan mengutamakan website yang memiliki kata tersebut. 

5. Reputasi Suatu Website

Reputasi yang dimiliki oleh suatu website juga penting, karena hal ini akan menjadi nilai tambah untuk mesin pencari. Beberapa cara untuk meningkatkan reputasi website yaitu dengan konsisten terhadap isi konten dari website kita. Kemudian konten yang kita buat harus selalu baru, dan diperbaharui secara berkala. Kemudian juga banyak terdapat link-link yang berkualitas, maka akan meningkatkan tingkat kemunculuan website tersebut. 


Demikian hal-hal dasar yang bisa dipakai untuk meningkatkan tingkat kemunculan website kita ketika di cari oleh mesin pencari. Hal-hal ini penting untuk website kita, karena penilaian suatu website bagus atau tidak adalah dari tingkat kunjungan dan konten dari website tersebut, yang kemudian bisa meningkatkan tingkat kemunculan website dalam suatu mesin pencari.




Sumber : 





Komentar