PENGANTAR BISNIS DAN INFORMATIKA


PT. JAYA KULINA INDONESIA
Jalan Raya Bogor No. 107, Cimanggis, Depok
Telp. 021 - 888 111 7878
Fax 021 - 888 112 7878

Website: www.jayakulina.id
Email: marketing.jayakulina@food.com

Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif merupakan pintu masuk ke rencana bisnis kita. Ringkasan sebaiknya hanya outline dan lebih menekankan pada butir-butir utama saja.

PT Jaya Kulina Indonesia sebagai perusahaan frozen food menjawab masalah ketahanan produk makanan dengan menggabungkan teknologi yang canggih dengan terapan ilmu sains tanpa bahan pengawet.
Dengan kandungan yang berkualitas, produk ini mampu mencegah pembusukan secara optimal. Bahan-bahan yang diambil langsung dari petani Indonesia menjadi jaminan mutu perusahaan dalam meracik produk berkualitas.












Tujuan

Tetapkan tujuan kita, misal pangsa pasar, penjualan, dan  keuntungan. Yakinkan bahwa tujuan tersebut kongkrit, dan terukur. Tujuan harus menunjukkan tingkat penjualan atau keuntungan, persentase gross margin, laju pertumbuhan, atau pangsa pasar yang ingin diraih.  Hindari penggunaan tujuan yang tidak jelas, misal “menjadi yang terbaik” atau pertumbuhan yang cepat,  Kita sebaiknya menetapkan paling sedikit tiga tujuan..

Tujuan 1


 Memajukan Pergerakan Ekonomi Petani Indonesia


Tujuan 2



 Memberikan Solusi dalam kemudahan produk makanan tahan lama

  

Tujuan 3



 Memberikan produk berkualita tahan lama dan ekonomis.


Pernyataan misi mengekspresikan tujuan tertinggi dari perusahaan kita, misalnya menyediakan layanan ke industri tertentu, menyebarkan teknologi baru, atau meningkatkan pendidikan. Jika perusahaan kita mempunyai misi, nyatakan secara sederhana dalam satu atau dua kalimat.

Membentuk serta mengembangkan teknologi frozen yang terbaru.

Buat ringkasan perusahaan dengan menjelaskan secara jelas apa yang dijual, melalui saluran distribusi apa, dan dijual ke siapa/mana.
PT Jaya Kulina Indonesia adalah perusahaan dalam bidang makanan beku yang awalnya berfokus dalam pembuatan serta pendistribusian Sosis sapi dan ayam, perkembangan teknologi membuat kami menyediakan lebih banyak frozen food yang dapat kami buat seperti kangkung frozen dan cumi frozen


Kepemilika

Jelaskan kepemilikan perusahaan kita. Apakah  partnership, sole proprietorship, atau corporation? Apakah dimiliki publik atau perorangan?



 PT. Jaya Kulina Indonesia bekerja sama dengan Indofood serta dimiliki 80% saham oleh bapak Azman dan 20% sisanya adalah para komisaris perusahaan


Sejarah Perusahaan


Sebutkan kapan perusahaan didirikan, oleh siapa, dan dengan tujuan apa..Bagaimana perusahaan berkembang setelah itu? Dimana kita me-relokasi kantor, mengembangkan lini produk atau perubahan signifikan lainnya ? Ingatlah untuk memasukkan informasi mengenai penjualan, barang/jasa, dan pasar yang dilayani serta bagaimana hal-hal tadi berubah atau berkembang sepanjang waktu. Jika perusahaan kita baru, nyatakan mengapa kita memutuskan memulai berbisnis.

PT. Jaya Kulina Indonesia didirikan pada tahun 2019 bertempat di Cipinang Muara, dengan awal untuk mencari profit dari berjualan frozen food hingga menjadi produsen

 

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Jelaskan dengan ringkas kantor dan lokasi perusahaan, sifat dan fungsinya, luas, status penyewaan, dan informasi mengenai fasilitas lainnya.

Lokasi pabrik kami berada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, sifatnya adalah permanen dan kepemilikan pribadi berfungsi untuk research and development serta produksi makanan beku yang teruji kualitasnya. Luas pabrik kami lebih dari 3000m persegi, dan memiliki fasilitas kemanan serta laboratorium terpadu



Produk/Jasa

Paragraf ini merupakan ringkasan barang dan jasa yang ditawarkan. Ringkasan kita harus point-point-nya saja. dan menjelaskan barang dan jasa kita. Jelaskan bagaimana barang/jasa saling melengkapi satu sama lain atau dijual bersamaan, jika ada.

Produk yang kami tawarkan adalah olahan pangan berupa sosis ayam dan sosis sapi. Produk ini sebagai misi kami untuk terciptanya swasembada pangan daging sapi dan daging ayam.








Deskripsi Barang dan Jasa

Buat List barang dan jasa secara individual dan jelaskan bagaimana barang/jasa tersebut bermanfaat untuk pelanggan.

Barang/Jasa 1


 Produk yang pertama adalah sosis ayam. Produk ini sangat bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan daging masyarakat Indonesia, khususnya daging ayam, karena produk ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga mudah untuk dikonsumsi.






Barang/Jasa 2


Produk yang kedua adalah sosis sapi. Produk ini juga sangat bermanfaat bagi Masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan daging, dan juga produk ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga mudah dikonsumsi. 



 

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa

Jelaskan karakteristik bersaing utama dari barang/jasa kita. Mengapa orang-orang membeli barang/jasa kita dibandingkan yang lain? Apakah kita menawarkan yang lebih baik untuk karakteristik, harga,kualitas, atau pelayanannya? Jelaskan sifat penjualan yang khas yang memberikan daya saing.
 Produk yang kami tawarkan, yaitu sosis ayam dan sosis sapi, memiliki keunggulan dari pengolahan yang kami lakukan. Kami melakukan pengolahan dengan teknik sederhana, sehingga dalam produksinya kami menggunakan biaya yang relatif murah, tapi tetap menjaga kualitasnya. Ini juga berdampak pada harganya yang juga relatif murah dibanding produk olahan sosis lainnya.




Layanan Konsumen/Tindak Lanjut Layanan

Jelaskan bagaimana kita menawarkan pelayanan terhadap barang/jasa yang kita jual Jika perusahaan kita hanya menawarkan jasa, rubahlah judul diatas dengan tindak lanjut layanannya dan jelaskan bagaimana kita menyediakan dukungan terhadap pelanggan. Jga masukkan jam operasi atau kebijakan garansi.
 Kami selalu terbuka terhadap masukkan konsumen, dan juga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada produk kami, konsumen dapat menghubungi perusahaan kami.



Analisis Industri

Informasi yang kita sediakan disini akan menentukan bagian peramalan pasar nanti. Identifikasi dan jelaskan segmen pasar yang mempengaruhi bisnis kita. Gunakan sumber informasi standar untuk membuat evaluasi terhadap trend pasar saat ini yang mempengaruhi rencana pemasaran kita.

Produk olahan kami membutuhkan suhu yang rendah sehingga kami akan memasarkan ke supermarket-supermarket yang dapat menjual produk kami. Kemudian dari trend konsumsi masyarakat indonesia zaman sekarang yang memilih pangan yang mudah diolah dan dikonsumsi seperti sosis ayam dan sosis sapi kami.








Peramalan Pasar/ Pasar Sasaran

Posisi perusahaan kami di pasar yaitu menjual produk sosis yang mudah diolah, pertumbuhan pasar kami diramalkan dapat berkembang pesat, mengingat orang indonesia menginginkan pangan yang mudah diolah.






Kunci untuk Sukses

Identifikasi keunikan atau nilai jual utama yang dibutuhkan untuk sukses di pasar.. Faktor kunci tersebut, misalnya kualitas, harga, atau seleksi akan menentukan kesuksesan bisnis kita.  Isilah setiap kotak dibawah dengan satu factor bersaing, dan jelaskan bagaimana nilai jual berkaitan dengan sasaran pelanggan tertentu.

Kualitas Bersaing 1


Biaya produksi yang relatif murah karena dalam proses produksinya menggunakan teknik yang sederhana, sehingga harganya relatif murah tapi juga tidak menurunkan kualitas dari produk olahan kami.






Kualitas Bersaing 2

Trend konsumsi masyarakat indonesia ini yang lebih memilih konsumsi pangan yang mudah diolah sehingga harapannya produk olahan kami yang berupa sosis ayam dan sosis sapi dapat bersaing dengan mudah di pasaran.






Strategi Bisnis dan Implementasi


Sebutkan strategi umum perusahaan dan jelaskan bagaimana kita akan mengimplementasikannya dalam program bisnis yang efektif.Tentukan apakah strategi kita didasarkan teknologi baru, barang baru, atau sifat produk baru; atau apakah kita memfokuskan pada pemasaran, distribusi, dan pelayanan yang lebih baik. (Sajikan hanya satu strategi bisnis)
Strategi umum perusahaan kami didasarkan atas teknologi baru dimana dalam hal ini bisa lebih memudahkan konsumen, dan perusahan kami memfokuskan pada pelayanan yang lebih baik. Karena Kepuasan pelanggan adalah salah satu prioritas terbesar dalam perumusan rencana strategis. Tujuannya adalah untuk menjaga arus keuntungan dengan mempertahankan pelanggan loyal, dan meningkatkan arus keuntungan dengan menggaet pelanggan baru.






Jelaskan bagaimana kita merencanakan periklanan atau memasarkan bisnis kita. Termasuk berbagai brosur, iklan cetak, iklan radio, atau strategi lain yang direncanakan dilaksanakan.
Perusahan kami dalam hal periklanan akan membuat sebuah brosur/iklan yang nantinya akan di share di berbagai media sosial, dalam hal ini juga untuk menghemat waktu, biaya dan tenaga, sehingga lebih praktis






Strategi Pemasaran

Pada saat menjelaskan strategi, lebih menekankan pada bagaimana membuata perusahaan kita lebih spesial atau khas. Misalnya, strategi pemasaran kita akan memfokuskan pada segmen pasar tertentu. Atau, mengkhusukan pada saluran khusus dalam mendistibusikan produk,; pada produk baru yang merupakan solusi baru dalam mengatasi masalah yang ada; atau pada cara baru dalam mempromosikan barang/jasa. Apa yang akan perusahaan kerjakan supaya lebih baik dibandingkan perusahaan lain? Bagaimana kita menggunakan periklanan untuk memasarkan produk ke konsumen?

Tentunya Perusahaan kami  akan memfokuskan pada pasar tertentu, karena Hal yang paling utama dalam melakukan pemasaran adalah riset pasar (research market). Dengan melakukan hal ini, perusahaan kami dapat menemukan dan memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk kami dapat dapat bersaing dan berkembang pada pasar tersebut.

Dan untuk menjadi perusahaan yang baik dari perrusahaan yang lain , perusahaan kami tentunya akan memilih tempat yang strategis, dan perusahaan kami akan berusa sebaik mungkin untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan , karena Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi suatu perusahaan.

Dan perusahaan kami juga akan memanfaatkan internet marketing. Sebab, pemanfaatan teknologi secara optimal dapat menekan pengeluaran perusahaan










Re

Jelaskan bagaimana kita menjual produk kita.  Sebagai contoh,  apakah kita akan menjual secara eceran, partai besar, melalui internet, pesanan melalui surat, atau telpon? Akankah kita menggunakan tenaga penjualan? Bagaimana tenaga penjualan dilatih dan bagaimana mereka diberi kompensasi?
Perusahan kami akan memulai penjualan dengan menjual secara eceran terlebih dahulu dan jika produk yang dijual sudah cocok dengan keinginan para konsumen dan banyak permintaan dari konsumen untuk meningkatkan jumlah produksi maka perusahaan kami akan mulai menjual dengan partai besar. Dan tentunya disini perusahaan kami juga memanfaatkan internet dalam melakukan penjualan.







Alianis

Jelaskan bagaimana perusahaan kita menangani pemasaran bersama, pengembangan bersama, komisi, dan perjanjian kerjasama. Dapatkan kita mengkaitkan promosi kita atau strategu distribusi  dengan perusahaan lain yang akan meningkatkan posisi perusahaan kita?
Perusahan kami akan menggunakan strategi sinergistik, yaitu Menciptakan ruang lingkup ekonomi bersama antara dua atau lebih perusahaan yang kami rasa bisa kami percaya akan meningkatkan posisi pada perusahaan kami






Tunjukkan jumlah pegawai dan manajemen dalam perusahaan kita. Juga, sebutkan jumlah pendiri perusahaan.  Akankah perusahaan akan dibagi dalam departemen? Jelaskan.

 Jumlah pegawai untuk perusahaan kami mungkin untuk tahap awal dibutuhkan sekitar +-25 orang pegawai, dan pendiri perusahaan ini terdiri dari 6 orang. Perusaan kami akan dibagi menjadi beberapa departemen jika memang hal itu sudah dibutuhkan tergantung situasi  dan perkembangan perusahaan kami kedepannya.









Struktu

 Gambarkan diagram struktur organisasi pada perusahaan kita.


 













Tim Manajemen


Buatlah daftar anggota manajemen perusahaan.  Termasuk ringkasan untuk latar belakang dan pengalaman mereka, serta jelaskan fungsi mereka dalam perusahaan.

Nama, Posisi, & Latar Belakang


 Nama : Azman Agung Nugraha
 Posisi : Direktur Utama
 Latar Belakang : Programmer






Nama, Posisi, & Latar Belakang


 Nama : Wakhyu Novi Setianing Asih
 Posisi : Direktur Keuangan
 Latar Belakang : Programmer







Nama, Posisi, dan Latar Belakang


 Nama : Yondrixs Calvin
 Posisi :  Direktur Personalia
 Latar Belakang : Programmer





Nama, Posisi, & Latar Belakang


 Nama : M.Hadi Nugroho
 Posisi : Manager Pemasaran
 Latar Belakang : Programmer




Nama, Posisi, & Latar Belakang

 Nama : DIki Raditya Maulana
 Posisi : Manager Pabrik
 Latar Belakang : Programmer




Nama, Posisi, & Latar Belakang


 Nama : Darwin Loher
 Posisi : ADM & Gudang
 Latar Belakang : Programmer




Kesenjangan Tim Manajemen


Identifikasi jenis ketrampilan yang belum dimiliki tim dan jelaskan bagaimana perusahaan akan mengatasinya. Misalnya, siapa yang akan meneyediakan saran atau konsultasi hukum dan pajak.

Bagian yang masih mejadi hambatan yaitu perizinan, standarisasi produk (karena produk ini masih produk baru), dan pajak.





 
Jelaskan criteria lain yang mempengaruhi operasi bisnis kita. Misalnya, apakah manajemen atau pegawai memiliki persetujuan “tidak-bersaing” dengan pesaing? Juga, Identifikasi anggota dewan direksi (jika ada) dan jelaskan kontribusinya dalam menjalankan bisnis. Selain itu, buat daftar pemegang saham utama dan jelaskan peranan mereka dalam manajemen.










Analisis Keuangan


Jelaskan atribut keuangan utama perusahaan kita, misalnya proyeksi aliran kas, dan keuntungan bersih untuk tiga tahun kedepan; return on investment; atau internal rate of return. Jelaskan fluktuasi yang mungkin terjadi dari penjualan musiman.








Sepanjang proyeksi pro forma, kita perlu meringkas point-point  penting dari rencana atau strategi keuangan kita.  Rincilah bagaimana kita Specify how you merencanakan keuangan kita.

      Rencana keuangan diawali dengan perencanaan modal awal, yang terdiri dari: Pembelian kendaraan, peralatan, mesin.
      Perhitungan biaya operasional meliputi biaya sewa tempat, bahan baku, penyusutan, dan administrasi.
      Dari segi pendapatan laba bersih didapat setelah dikurangi pajak dan kredit modal usaha.




Komentar