PT. JAYA KULINA INDONESIA
Jalan Raya Bogor No. 107, Cimanggis, Depok
Telp. 021 - 888 111 7878
Fax 021 - 888 112 7878
Website: www.jayakulina.id
Email: marketing.jayakulina@food.com
Ringkasan
Eksekutif
Ringkasan eksekutif merupakan pintu masuk ke rencana bisnis kita.
Ringkasan sebaiknya hanya outline dan lebih menekankan pada butir-butir utama
saja.
PT Jaya Kulina Indonesia sebagai
perusahaan frozen food menjawab masalah ketahanan produk makanan dengan menggabungkan
teknologi yang canggih dengan terapan ilmu sains tanpa bahan pengawet.
Dengan kandungan yang berkualitas,
produk ini mampu mencegah pembusukan secara optimal. Bahan-bahan yang diambil
langsung dari petani Indonesia menjadi jaminan mutu perusahaan dalam meracik
produk berkualitas.
|
Tujuan
Tetapkan tujuan kita,
misal pangsa pasar, penjualan, dan
keuntungan. Yakinkan bahwa tujuan tersebut kongkrit, dan terukur. Tujuan
harus menunjukkan tingkat penjualan atau keuntungan, persentase gross margin,
laju pertumbuhan, atau pangsa pasar yang ingin diraih. Hindari penggunaan tujuan yang tidak jelas,
misal “menjadi yang terbaik” atau pertumbuhan yang cepat, Kita sebaiknya menetapkan paling sedikit tiga
tujuan..
Tujuan
1
Memajukan Pergerakan Ekonomi Petani
Indonesia
|
Tujuan
2
Memberikan Solusi dalam kemudahan produk
makanan tahan lama
|
Tujuan
3
Memberikan produk berkualita tahan lama dan
ekonomis.
|
Pernyataan misi mengekspresikan tujuan tertinggi dari perusahaan kita, misalnya menyediakan layanan ke industri tertentu, menyebarkan teknologi baru, atau meningkatkan pendidikan. Jika perusahaan kita mempunyai misi, nyatakan secara sederhana dalam satu atau dua kalimat.
Membentuk serta mengembangkan
teknologi frozen yang terbaru.
|
Buat ringkasan perusahaan dengan menjelaskan secara jelas apa yang dijual, melalui saluran distribusi apa, dan dijual ke siapa/mana.
PT Jaya Kulina Indonesia adalah
perusahaan dalam bidang makanan beku yang awalnya berfokus dalam pembuatan
serta pendistribusian Sosis sapi dan ayam, perkembangan teknologi membuat
kami menyediakan lebih banyak frozen food yang dapat kami buat seperti
kangkung frozen dan cumi frozen
|
Kepemilika
Jelaskan kepemilikan
perusahaan kita. Apakah partnership,
sole proprietorship, atau corporation? Apakah dimiliki publik atau perorangan?
PT. Jaya Kulina Indonesia bekerja sama
dengan Indofood serta dimiliki 80% saham oleh bapak Azman dan 20% sisanya
adalah para komisaris perusahaan
|
Sejarah Perusahaan
Sebutkan kapan perusahaan didirikan, oleh siapa, dan dengan tujuan
apa..Bagaimana perusahaan berkembang setelah itu? Dimana kita me-relokasi
kantor, mengembangkan lini produk atau perubahan signifikan lainnya ? Ingatlah
untuk memasukkan informasi mengenai penjualan, barang/jasa, dan pasar yang
dilayani serta bagaimana hal-hal tadi berubah atau berkembang sepanjang waktu. Jika perusahaan kita baru,
nyatakan mengapa kita memutuskan memulai berbisnis.
PT. Jaya Kulina Indonesia didirikan
pada tahun 2019 bertempat di Cipinang Muara, dengan awal untuk mencari profit
dari berjualan frozen food hingga menjadi produsen
|
Lokasi dan
Fasilitas Perusahaan
Jelaskan dengan ringkas
kantor dan lokasi perusahaan, sifat dan fungsinya, luas, status penyewaan, dan
informasi mengenai fasilitas lainnya.
Lokasi pabrik kami berada di
Cimanggis, Depok, Jawa Barat, sifatnya adalah permanen dan kepemilikan
pribadi berfungsi untuk research and development serta produksi makanan beku
yang teruji kualitasnya. Luas pabrik kami lebih dari 3000m persegi, dan
memiliki fasilitas kemanan serta laboratorium terpadu
|
Produk/Jasa
Paragraf ini merupakan
ringkasan barang dan jasa yang ditawarkan. Ringkasan kita harus point-point-nya
saja. dan menjelaskan barang dan jasa kita. Jelaskan bagaimana barang/jasa
saling melengkapi satu sama lain atau dijual bersamaan, jika ada.
Produk yang kami tawarkan adalah
olahan pangan berupa sosis ayam dan sosis sapi. Produk ini sebagai misi kami
untuk terciptanya swasembada pangan daging sapi dan daging ayam.
|
Deskripsi
Barang dan Jasa
Buat List barang dan
jasa secara individual dan jelaskan bagaimana barang/jasa tersebut bermanfaat
untuk pelanggan.
Barang/Jasa
1
Produk yang pertama adalah sosis ayam.
Produk ini sangat bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan daging
masyarakat Indonesia, khususnya daging ayam, karena produk ini sudah diolah
sedemikian rupa sehingga mudah untuk dikonsumsi.
|
Barang/Jasa
2
Produk yang kedua adalah sosis
sapi. Produk ini juga sangat bermanfaat bagi Masyarakat Indonesia dalam
memenuhi kebutuhan daging, dan juga produk ini sudah diolah sedemikian rupa
sehingga mudah dikonsumsi.
|
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Jelaskan karakteristik bersaing utama dari barang/jasa kita. Mengapa
orang-orang membeli barang/jasa kita dibandingkan yang lain? Apakah kita
menawarkan yang lebih baik untuk karakteristik, harga,kualitas, atau
pelayanannya? Jelaskan sifat penjualan yang khas yang memberikan daya saing.
Produk yang kami tawarkan, yaitu sosis ayam dan sosis sapi,
memiliki keunggulan dari pengolahan yang kami lakukan. Kami melakukan
pengolahan dengan teknik sederhana, sehingga dalam produksinya kami
menggunakan biaya yang relatif murah, tapi tetap menjaga kualitasnya. Ini
juga berdampak pada harganya yang juga relatif murah dibanding produk olahan
sosis lainnya.
|
Layanan
Konsumen/Tindak Lanjut Layanan
Jelaskan bagaimana kita menawarkan pelayanan terhadap barang/jasa yang
kita jual Jika perusahaan kita hanya menawarkan jasa, rubahlah judul diatas
dengan tindak lanjut layanannya dan jelaskan bagaimana kita menyediakan
dukungan terhadap pelanggan. Jga masukkan jam operasi atau kebijakan garansi.
Kami selalu terbuka terhadap masukkan konsumen, dan juga
jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada produk kami, konsumen dapat
menghubungi perusahaan kami.
|
Analisis
Industri
Informasi yang kita
sediakan disini akan menentukan bagian peramalan pasar nanti. Identifikasi dan
jelaskan segmen pasar yang mempengaruhi bisnis kita. Gunakan sumber informasi
standar untuk membuat evaluasi terhadap trend pasar saat ini yang mempengaruhi
rencana pemasaran kita.
Produk olahan kami membutuhkan suhu
yang rendah sehingga kami akan memasarkan ke supermarket-supermarket yang
dapat menjual produk kami. Kemudian dari trend konsumsi masyarakat indonesia
zaman sekarang yang memilih pangan yang mudah diolah dan dikonsumsi seperti
sosis ayam dan sosis sapi kami.
|
Peramalan
Pasar/ Pasar Sasaran
Posisi
perusahaan kami di pasar yaitu menjual produk sosis yang mudah diolah,
pertumbuhan pasar kami diramalkan dapat berkembang pesat, mengingat orang
indonesia menginginkan pangan yang mudah diolah.
|
Kunci untuk
Sukses
Identifikasi keunikan
atau nilai jual utama yang dibutuhkan untuk sukses di pasar.. Faktor kunci
tersebut, misalnya kualitas, harga, atau seleksi akan menentukan kesuksesan
bisnis kita. Isilah setiap kotak dibawah
dengan satu factor bersaing, dan jelaskan bagaimana nilai jual berkaitan dengan
sasaran pelanggan tertentu.
Kualitas
Bersaing 1
Biaya produksi yang relatif murah
karena dalam proses produksinya menggunakan teknik yang sederhana, sehingga
harganya relatif murah tapi juga tidak menurunkan kualitas dari produk olahan
kami.
|
Kualitas
Bersaing 2
Trend konsumsi masyarakat indonesia
ini yang lebih memilih konsumsi pangan yang mudah diolah sehingga harapannya
produk olahan kami yang berupa sosis ayam dan sosis sapi dapat bersaing
dengan mudah di pasaran.
|
Strategi Bisnis
dan Implementasi
Sebutkan strategi umum perusahaan dan jelaskan bagaimana kita akan
mengimplementasikannya dalam program bisnis yang efektif.Tentukan apakah
strategi kita didasarkan teknologi baru, barang baru, atau sifat produk baru;
atau apakah kita memfokuskan pada pemasaran, distribusi, dan pelayanan yang
lebih baik. (Sajikan hanya satu strategi bisnis)
Strategi umum perusahaan kami
didasarkan atas teknologi baru dimana dalam hal ini bisa lebih memudahkan
konsumen, dan perusahan kami memfokuskan pada pelayanan yang lebih baik.
Karena
Kepuasan
pelanggan adalah salah satu prioritas terbesar dalam perumusan rencana
strategis. Tujuannya adalah untuk menjaga arus keuntungan dengan
mempertahankan pelanggan loyal, dan meningkatkan arus keuntungan dengan
menggaet pelanggan baru.
|
Jelaskan bagaimana kita merencanakan periklanan atau memasarkan bisnis kita. Termasuk berbagai brosur, iklan cetak, iklan radio, atau strategi lain yang direncanakan dilaksanakan.
Perusahan kami dalam hal
periklanan akan membuat sebuah brosur/iklan yang nantinya akan di share di
berbagai media sosial, dalam hal ini juga untuk menghemat waktu, biaya dan
tenaga, sehingga lebih praktis
|
Strategi
Pemasaran
Pada saat menjelaskan
strategi, lebih menekankan pada bagaimana membuata perusahaan kita lebih
spesial atau khas. Misalnya, strategi pemasaran kita akan memfokuskan pada
segmen pasar tertentu. Atau, mengkhusukan pada saluran khusus dalam
mendistibusikan produk,; pada produk baru yang merupakan solusi baru dalam
mengatasi masalah yang ada; atau pada cara baru dalam mempromosikan
barang/jasa. Apa yang akan perusahaan kerjakan supaya lebih baik dibandingkan
perusahaan lain? Bagaimana kita menggunakan periklanan untuk memasarkan produk
ke konsumen?
Tentunya Perusahaan kami akan memfokuskan pada pasar tertentu,
karena Hal yang paling utama dalam melakukan pemasaran adalah riset pasar
(research market). Dengan melakukan hal ini, perusahaan kami dapat menemukan dan
memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk kami dapat dapat bersaing
dan berkembang pada pasar tersebut.
Dan untuk menjadi perusahaan yang
baik dari perrusahaan yang lain , perusahaan kami tentunya akan memilih tempat yang strategis, dan
perusahaan kami akan berusa sebaik mungkin untuk menjalin hubungan yang baik
dengan pelanggan , karena Pelanggan adalah aset yang cukup
berharga bagi suatu perusahaan.
Dan perusahaan kami juga akan memanfaatkan internet marketing. Sebab,
pemanfaatan teknologi secara optimal dapat menekan pengeluaran perusahaan
|
Re
Jelaskan bagaimana kita menjual produk kita. Sebagai contoh, apakah kita akan menjual secara eceran,
partai besar, melalui internet, pesanan melalui surat, atau telpon? Akankah kita
menggunakan tenaga penjualan? Bagaimana tenaga penjualan dilatih dan bagaimana
mereka diberi kompensasi?
Perusahan kami akan memulai
penjualan dengan menjual secara eceran terlebih dahulu dan jika produk yang
dijual sudah cocok dengan keinginan para konsumen dan banyak permintaan dari
konsumen untuk meningkatkan jumlah produksi maka perusahaan kami akan mulai
menjual dengan partai besar. Dan tentunya disini perusahaan kami juga
memanfaatkan internet dalam melakukan penjualan.
|
Alianis
Jelaskan bagaimana perusahaan kita menangani pemasaran bersama,
pengembangan bersama, komisi, dan perjanjian kerjasama. Dapatkan kita
mengkaitkan promosi kita atau strategu distribusi dengan perusahaan lain yang akan meningkatkan
posisi perusahaan kita?
Perusahan kami akan menggunakan
strategi sinergistik, yaitu Menciptakan
ruang lingkup ekonomi bersama antara dua atau lebih perusahaan yang kami rasa
bisa kami percaya akan meningkatkan posisi pada perusahaan kami
|
Tunjukkan jumlah pegawai dan manajemen dalam perusahaan kita. Juga, sebutkan jumlah pendiri perusahaan. Akankah perusahaan akan dibagi dalam departemen? Jelaskan.
Jumlah pegawai untuk perusahaan kami mungkin
untuk tahap awal dibutuhkan sekitar +-25 orang pegawai, dan pendiri
perusahaan ini terdiri dari 6 orang. Perusaan kami akan dibagi menjadi
beberapa departemen jika memang hal itu sudah dibutuhkan tergantung
situasi dan perkembangan perusahaan
kami kedepannya.
|
Struktu
Gambarkan diagram struktur
organisasi pada perusahaan kita.
|
Tim Manajemen
Buatlah daftar anggota
manajemen perusahaan. Termasuk ringkasan
untuk latar belakang dan pengalaman mereka, serta jelaskan fungsi mereka dalam
perusahaan.
Nama,
Posisi, & Latar Belakang
Nama : Azman Agung Nugraha
Posisi : Direktur Utama
Latar Belakang : Programmer
|
Nama,
Posisi, & Latar Belakang
Nama : Wakhyu Novi Setianing Asih
Posisi : Direktur Keuangan
Latar Belakang : Programmer
|
Nama,
Posisi, dan Latar Belakang
Nama : Yondrixs Calvin
Posisi :
Direktur Personalia
Latar Belakang : Programmer
|
Nama,
Posisi, & Latar Belakang
Nama : M.Hadi Nugroho
Posisi : Manager Pemasaran
Latar Belakang : Programmer
|
Nama, Posisi, & Latar Belakang
Nama : DIki Raditya Maulana
Posisi : Manager Pabrik
Latar Belakang : Programmer
|
Nama,
Posisi, & Latar Belakang
Nama : Darwin Loher
Posisi : ADM & Gudang
Latar Belakang : Programmer
|
Kesenjangan Tim
Manajemen
Identifikasi jenis
ketrampilan yang belum dimiliki tim dan jelaskan bagaimana perusahaan akan
mengatasinya. Misalnya, siapa yang akan meneyediakan saran atau konsultasi
hukum dan pajak.
Bagian yang masih mejadi hambatan
yaitu perizinan, standarisasi produk (karena produk ini masih produk baru),
dan pajak.
|
Jelaskan criteria lain
yang mempengaruhi operasi bisnis kita. Misalnya, apakah manajemen atau pegawai
memiliki persetujuan “tidak-bersaing” dengan pesaing? Juga, Identifikasi
anggota dewan direksi (jika ada) dan jelaskan kontribusinya dalam menjalankan bisnis.
Selain itu, buat daftar pemegang saham utama dan jelaskan peranan mereka dalam
manajemen.
|
Analisis
Keuangan
Jelaskan atribut
keuangan utama perusahaan kita, misalnya proyeksi aliran kas, dan keuntungan
bersih untuk tiga tahun kedepan; return on investment; atau internal rate of
return. Jelaskan fluktuasi yang mungkin terjadi dari penjualan musiman.
|
Sepanjang proyeksi pro forma, kita perlu meringkas point-point penting dari rencana atau strategi keuangan kita. Rincilah bagaimana kita Specify how you merencanakan keuangan kita.
● Rencana keuangan diawali
dengan perencanaan modal awal, yang terdiri dari: Pembelian kendaraan,
peralatan, mesin.
● Perhitungan biaya
operasional meliputi biaya sewa tempat, bahan baku, penyusutan, dan
administrasi.
● Dari segi pendapatan laba
bersih didapat setelah dikurangi pajak dan kredit modal usaha.
|
Komentar
Posting Komentar